Propolis dan Khasiatnya

Propolis oleh lebah madu digunakan sebagai lem untuk sarangnya, dimana dia merupakan suatu zat yang dihasilkan oleh lebah madu. Lebah mengumpulkan bahan ini dari pucuk daun daun yang muda dan kemudian dicampurkannya dengan air liurnya. Lebah madu menggunakan zat ini untuk menambal dan mensterilkan sarang.

propolisPropolis lebah madu bersifat anti bakteri atau disinfektan yang membunuh semua kuman penyakit yang masuk ke sarang lebah. Berdasarkan banyak karya ilmiah disebutkan bahwa lebah meliputi sarangnya dengan zat ini untuk perlindungan semua yang ada didalam sarang tersebut (mulai dari ratu lebah, lebah jantan dan pekerja, telur, bayi, madu dan sebagainya) dari kuman, virus dan bakteri.

Disinfektan alami dalam salah satu produk lebah ini sangat ampuh dalam membunuh kuman dimana pernah ditemukan seekor tikus dalam sarang lebah yang telah mati selama kurang lebih 5 tahun dan tidak membusuk.

Apa saja Kegunaan Propolis bagi Manusia? Kegunaan salah satu produk lebah madu ini diantaranya adalah :

  • Sebagai Suplemen; yakni mengandung banyak zat yang dibutuhkan untuk membangun kekebalan tubuh dan mengaktifkan kelenjar Thymus. Zat zat yang terkandung adalah semua vitamin (kecuali vitamin K), semua mineral kecuali sulfur, 16 rantai asam amino essensial yang sangat berguna untuk regenerasi sel, Bioflavonoid atau zat anti oksidan. Perlu diketahui bahwa Bioflavonoid pada satu tetes propolis kurang lebih setara dengan dari yang dihasilkan 500 buah jeruk.
  • Sebagai bahan pengobatan alami. Produk lebah madu ini mengandung beberapa zat aktif yang bisa digunakan untuk mengobati penyakit, yakni mengandung antibiotik, antiviral dan antifungal tanpa efek samping dibandingkan dengan bahan kimia. Adapun penyakit atau bakteri yang bisa diobati dengan propolis diantaranya typhus, diare, muntaber, bau ketiak yang mengganggu karena jamur yang menyebabkan bau, penyakit yang berhubungan dengan virus (demam berdarah, flu, TBC, dsb), penyakit karena jamur (misal panu, eksim, ketombe, keputihan, dsb), anti peradangan atau infeksi dan luka (misal maag, luka luar, radang tenggorokan, sakit gigi, luka bakar, dsb), sebagai anti kanker, asam urat, kolesterol, darah tinggi dan sebagainya.

Bagaimana pendapat para Ahli? Beberapa contoh pendapat para ahli tentang propolis sebagai berikut:

  1. John Diamond MD mengemukakan bahwa bee propolis mempunyai kemampuan mengaktifkan kelenjar thymus yang berfungsi sebagai sistem imunitas tubuh.
  2. Ray Kupinsel berpendapat bahwa produk lebah dimaksud merupakan anti biotik alami yang mampu melawan berbagai macam penyakit tanpa efek samping.
  3. Profesor Arnold Becket. Produk lebah madu ini berkemampuan menyembuhkan berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh virus, bakteri ataupun jamur.
  4. Tim Riset Rusia menyatakan bahwa dalam propolis terdapat zat anti biotik alami dan anti viral, vitamin, asam amino, mineral yang sangat mujarab untuk penyakit mulut, tenggorokan.
  5. Lembaga Riset Kanker Columbia, menyatakan dalam propolis terdapat zat CAPE yang mempunyai kemampuan mematikan sel kanker. Pemakaian teratur zat CAPE selama 6 bulan bisa mereduksi kanker sebanyak 50%.

Mengingat begitu besar manfaat propolis seperti diutarakan diatas, alangkah baiknya bila kita mengkonsumsinya secara teratur untuk kesehatan kita.

Referensi: /id.wikipedia.org/wiki/Propolis.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: