Tip Mengurangi Asupan Lemak

  • Setiap protein hewani mengandung lemak yang dibutuhkan oleh tubuh. Untuk tidak menambah asupan lemak yang tinggi kalori, protein hewani sebaiknya tidak digoreng. Bukankah masih banyak cara memasak yagn lain yang tak kalah lezat seperti memepes, merebus, memanggang atau menumis yang hanya menggunakan sedikit minyak. Setiap bahan makanan yang digoreng akan menambah asupan kalori dari minyak goreng 20% dari kalori bahan makanan yang digoreng.
  • Bila Anda memasak sendiri masakan, buang setiap lemak yang tampak. Kalau sedang makan di luar, tinggalkan saja lapisan lemak di piring Anda. Pada saat makan ayam, buang kulitnya karena di sana bersemayam lemak ayam yang kaya lemak jenuh.
  • Bila makan makanan bersantan dan kuah yang banyak lemak, hindari menghirup kuah tersebut.

Bukan Karbohidrat yang Menyebabkan Kegemukan

Banyak orang mencurigai bahan makanan sumber karbohidrat sebagai penyebab kegemukan. Menurut mereka, nasi sebagai sumber karbohidrat akan merangsang insulin untuk membentuk lemak. kecurigaan ini tak beralasan karena sesungguhnya proses ini sesuatu yang normal yang menyebabkan sel-sel tubuh mendapatkan energi yang dibutuhkan tubuh untuk berbagai aktivitas. Namun, kalau karbohidrat ini diasup secara berlebihan, maka oleh tubuh akan diendapkan daam bentuk lemak.
Lagpula, mungkin saja ada salah paham. Karena yang namanya karbohidrat ada dua macam. Yakni karbohidrat kompleks seperti nasi, bakmi, bihun, roti, dan pasta; lalu karbohidrat sederhana seperti gula dan yang manis-manis lainnya. Nah, karbohidrat sederhana ini yang kadar kalorinya tinggi hingga bisa menyebabkan kegemukan. Sedangkan karbohidrat kompleks biasanya berasal dari tumbuh-tumbuhan yang rendah kadar lemak dan kalorinya. Namun, karbohidrat ini bisa tinggi kalorinya bila diolah dengan lemak, seperti minyak goreng ataupun margarin, roomboter dan sebagainya. Jadi, kalau karbohidratnya hanya diolah menjadi nasi putih, tentunya aman-aman saja.
Sebuah penelitian juga menunjukkan, mereka yang melakukan diet rendah karbohidrat cenderung rakus pada saat makan sehingga asupan kalorinya menjadi tinggi.  <dr. Nany L>

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: