Tip Makan Bijak

Hindari Melaparkan Diri

Makanlah secara teratur pada setiap saat makan utama yakni: pagi, siang dan malam. Lalu, di antara saat makan ini Anda boleh ngemil tapi pilihlah camilan sehat berupa buah atau sayur. Dengan pola seperti ini, nafsu makan bisa terkendali.

Kunyahlah Makanan Dengan Seksama

Dengan mengunyah makanan secara seksama, porsi yang dimakan akan lebih sedikit karena perut sudah merasa kenyang. Karena waktu makan yang lama memberi waktu pada otak untuk memberi sinyal, “Sudah kenyang!” Sementara kalau makannya ngebut, otak malah berpikir, “Mau makan apa lagi nih?” Akibatnya, asupan makanan pun menjadi melebihi takaran.

Gunakan Piring dan Mangkuk

Dengan menyajikan makanan di piring dan mangkuk berukuran standar, maka porsi makanan bisa lebih terukur.

Jangan Mengambil Sekaligus

Pada saat mengambil makanan, ambillah porsi kecil dulu, jangan mengambil sekaligus karena Anda akan merasa terbebani untuk menghabiskannya. Bila masih belum kenyang dan melampaui batas porsi yang ditentukan, boleh ambil lagi. Alasan lain, dengan mengambil makanan dalam porsi kecil akan memberi kesempatan untuk mengingat komitmen mengurangi kalori.

Awali Dengan Sup Hangat

Dengan makan sup hangat akan membuat lambung terasa penuh hingga menekan nafsu makan. Pilihlah sup bening ataupun yang berbahan dasar tomat karena sup seperti ini tidak tinggi kalori. Sementara kalau krim sup (sup kental) biasanya tinggi kalori karena kaya lemak.

Konsentrasi Pada Makanan

Pada saat makan hendaknya konsentrasi pada makanan, jangan sambil menonton televisi, main games, ataupun membaca. Dengan demikian Anda akan lebih sadar akan apa dan jumlah yang dimakan.

Akhiri Dengan Segelas Air/Teh

Setelah perut kenyang dengan porsi yang sesuai ketentuan, akhiri dengan segelas air/teh saja ataupun buah2an. Jangan dengan jus ataupun makanan penutup lainnya yang manis.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: