Kanker Usus

Mengapa banyak sekali penderita kanker usus dalam masyarakat kita ? Ini merupakan akibat dari faktor makanan yang dikonsumsi mengandung racun, yang kemudian tinggal dalam jalur gastrointestinal kita selama berhari-hari lamanya yang diakibatkan karena kita kekurangan cukup serat dalam makanan kita sehari-hari. Akibat kurangnya serat tersebut yang menyebabkan proses pembuangan racun dalam tubuh kita tidak dapat berlangsung sempurna. Racun-racun tersebut akan tinggal tetap dalam jalur gastrointertinal kita dan akan membentuk senyawa-senyawa karsinogenik. Senyawa-senyawa karsinogenik inilah yang akan mengubah sel-sel usus.

Kanker usus saat ini merupakan penyebab kematian akibat kanker kedua, bersifat epidemik di negara kita disebabkan karena 2 alasan:

  • Persentase pestisida dan racun yang kita masukkan ke dalam tubuh
  • Kandungan serat rendah dalam makanan yang kita makan.

Solusi pencegahan untuk hal ini terletak dalam memakan buah-buahan dan sayur-sayuran yang mengandung cukup serat untuk membantu mengikat racun-racun dan membuangnya melalui usus.

Seperti ada ungkapan yang mengatakan: “Anda adalah apa yang Anda makan” memang benar adanya. konsekuensinya adalaha jika kita mengkonsumsi racun dalam jumlah besar secara terus menerus dan tanpa sadar, maka hal tersebut akan memberi efek bagi kita.

Banyak orang secara tanpa sadar menjalani hidup dengan mengkonsumsi racun. Mereka memakan racun dari industrial, pestisida, dan berbagai macam lemak yang berbahaya. Makanan yang mengandung bahan-bahan tersebut yang menjadi pemicu perubahan sel-sel dalam saluran pencernaan kita menjadi sel-sel karsinogenik yang akhirnya membentuk polip yang menyebabkan kanker usus.

Kanker usus juga berhubungan erat dengan konsumsi tinggi dari daging merah dan lemak hewan, kolesterol tinggi, serat rendah, dan obesitas.
Kanker usus paling rendah dijumpai di negara-negara ketiga seperti Afrika, Asia, dan Amerika Selatan. Mengapa ? Karena kebanyakan masyarakat ini memakan lebih banyak serat dan sedikit lemak. Diet mereka terdiri dari sayur-sayuran, buah-buahan dan biji-bijian — makanan berserat tinggi yang merupakan kunci rendahnya angka kanker mereka.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: