Kanker Paru Paru

Jika seseorang menyalakan rokok, tanpa kita sadari, lebih dari 2000 senyawa kimia dilepaskan dari dalam asap rokok tersebut. Pada kenyataan senyawa kimia yang paling berbahaya berasal dari bagian yang dinyalakan yang merupakan sumber asap rokok orang (asap rokok pasif yang kita hirup).

Mungkin kita tidak pernah merokok, tetapi menghirup asap rokok dari orang lain adalah sama berbahayanya bagi kita. Baik di restoran, taman, maupun tempat-tempat umum lainnya, kita dapat mengkonsumsi racun.

Pada tahun 1986 U.S.Surgeon General menyatakan bahwa asap rokok pasif adalah benar2 berhubungan dengan kanker paru-paru — yang merupakan kanker paling mematikan untuk saat ini. Yang terjadi adalah asap yang berasal dari rokok menghasilkan radikal bebas yang berbahaya yang mengubah DNA – material genetika dari sel-sel kita. Radikal bebas adalah sebuah atom atau sekelompok atom yang mempunyai paling tidak satu elektron yang tidak mempunyai pasangan yang berpengaruh dalam berbagai reaksi. Asap tersebut mengubah DNA dalam sel-sel kita menjadi DNA yang berbeda, yang pertumbuhannya seperti kobaran api saat terkena promotor-promotor lingkungan lainnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: