INDEX MASSA TUBUH (IMT)

Dulu orang beranggapan Berat Badan (BB) yang “ideal” adalah Tinggi Badan (TB) – 110 cm. Namun menurut para ahli, dengan perhitungan seperti ini tidak bisa diprediksi gangguan penyakit degeneratif yang bisa terjadi. Merekapun kemudian memperkenalkan istilah baru yang disebut Indeks Massa Tubuh atau disingkat sebagai IMT. Dengan mengetahui IMT, bisa diperkirakan berapa massa tubuh, termasuk lemak yang ada. Juga bisa diketahui resiko kesehatannya. Bila Anda ingin mengetahui IMT Anda, bisa ikuti cara perhitungan di bawah ini:

  • IMT = BB (kg) / TB x TB (m) ; TB = Tinggi Badan, BB = Berat Badan
  • Contoh: BB Lisa = 57 kg dengan TB = 1.65 m, maka IMT Lisa adalah: 57 / 1.65 x 1.65 = 20,9

IMT ini lalu ditetapkan oleh WHO, badan kesehatan dunia, sebagai standar internasional untuk mengetahui BB “ideal”. Perhitungan ini ditujukan untuk semua orang dewasa baik pria maupin wanita, kecuali atlet. Berikut ini adalah klasifikasi IMT. Klasifikasi IMT khusus untuk orang ASIA:

  • Berat Badan Kurang (kurus) ——–> IMT < 18,5
  • BB Normal / ideal ———–> IMT antara 18,5 – 22,9
  • BB Lebih (gemuk) ———–> IMT antara 23 – 29,9
  • Obesitas (kegemukan) ——–> IMT > 30

Jika IMT Anda berada dalam kisaran 18,5 – 22,9, Anda masuk dalam kategori BB “ideal” / normal nan sehat yang keil resiko terkena penyakit akibat kegemukan. Angka IMT yang semakin jauh dari “ideal” / normal, resiko kesehatan yang mengintai semakin tinggi. Resiko ini memang tidak datang serta merta tapi biasa datang di kemudian hari. Maka, ketika angka IMT sudah di atas “ideal” / normal apalagi di kisaran obesita, ayo jangan tunda lagi melakukan program penurunan BB yang berdampak penurunan resioko terkena penyakit pula.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: