Bagaimana Kanker Dapat Timbul?

Langkah pertama dari proses timbulnya kanker dapat dilakukan oleh yang kita sebut sebagai “initiator”. Sebagai contoh adalah pada penghisap rokok. jika seseorang merokok, proses timbulnya kanker dimulai dari tembakau. tetapi kanker tidak timbul atau menyebar tanpa “promotor”. promotor adalah senyawa yang dapat menginisiasi sel untuk memulai bertumbuh tidak normal.

Contoh lain dari promotor adalah estrogen. Memberikan estrogen pada wanita yang masih mempunyai rahim dan tidak diberikan progesteron (yang adalah hormon wanita yang lain) dapat menyebabkan proses timbulnya kanker dalam rahim.

Contoh yang lain adalah kanker prostat pada pria. jika pada pria diberikan testosteron, kanker akan mendapatkan bahan bakar. Promotor kanker yang lain adalah lemak polysaturated (tidak jenuh ganda) lemak saturated (jenuh), daging merah dan makanan yang mengandung kolesterol tinggi.

Mengapa kaum vegetarian mempunyai kecenderungan terkena kanker lebih rendah ? Ini disebabkan mereka memakan lemak 25% lebih rendan dan serat 50% lebih banyak, yang memberikan kepada mereka perlindungan terhadap bahaya kanker.

Orang Jepang mempunyai kecenderungan terkena kanker sangat rendah saat mereka tinggal di Jepang, tetapi ketika mereka datang ke Amerika Serikat dan mengambil kebiasaan makan seperti makanan cepat saji, membuat mereka mempunyai kecenderungan terkena kanker seperti kita. Pesannya sangatlah jelas. Kita hidup dan mati disebabkan oleh makanan yang kita masukkan ke dalam tubuh kita. Memang sangat penting bagi kita untuk dapat lebih disiplin dan membuat pilihan makanan kita dengan benar.

Saya percaya kepada obat, tetapi saya juga percaya pada doa. Sebelum kita makan, ambillah waktu sejenak tidak hanya untuk mengucap syukur kepada Allah atas makanan Anda, tetapi berdoalah atasnya atas iman. Kita hendaknya bertindak dalam iman setiap kali kita makan karena semua pestisida dan senyawa karsinogenik ada di sekitar kita setiap hari.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: