Bagaimana Anda Menyukai Apel?

Empat alasan mengapa apel lebih dari hanya sekedar enak dan bergizi.

1. Apel dapat bertahan paling lama

Apel akan layu setelah satu setengah minggu atau hingga 10 hari lebih lama dari setelah anda membelinya dibandingkan dengan buah lunak lainnya seperti strawberry. Untuk meyakinkannya, belilah apel yang paling segar, belilah apel yang paling segar, pilih apel dari belahan bumi utara pada musim gugur dan pilih apel dari belahan bumi selatan pada musim semi, kata Mike Knowles, deputi editor majalah Eurofruit. “Jangan pernah menyimpan apel dan pisang dalam wadah yang sama,” ujarnya. “Apel akan matang lebih cepat.” Letakkan apel anda dalam lemari es untuk menjaga kesegarannya lebih lama.

2. Apel membantu mengendalikan kolesterol

Awal tahun ini, peneliti Universitas Cornell menemukan bahwa makan satu apel Red Delicious setiap hari dapat menhentikan oksidasi LDL, menghasilkan 8 persen penurunan kadar kolesterol. Bonus: Apel (dan kulitnya) mengandung serat larut air, suatu bahan yang dapat membersihkan dinding arteri pembuluh darah. Potong satu apel dan campur ke dalam bubur gandum anda, akan menjadi salah satu alternatif makanan anda.

3. Apel memperlama waktu latihan anda

Bagi anda yang suka berolahraga, jangan membakar karbohidrat yang anda konsumsi dengan mengayuh sepeda atau berlari pada waktu lama. Sebuah studi dalam Journal of Strength and Conditioning Research menunjukkan bahwa anda akan memperoleh peningkatan yang seimbang dari makanan apakah itu dengan kandungan gula rendah (seperti apel) ataupun yang mengandung gula tinggi (seperti crackers). Ketua studi Conrad Earnest, Ph.D., mengatakan bahwa minum air putih saja sudah cukup untuk menyelesaikan 90 menit sesi latihan, tetapi untuk periode yang lebih lama, anda membutuhkan konsumsi 25 – 40 gram karbohidrat setiap 30 menit untuk mengembalikan energi tubuh anda.

4. Apel sangat kaya di kulitnya

Ini akan sangat membantu jika makanan kecil anda hanyalah sebuah Slurpee dan sebungkus Cheetos, tetapi apel yang sudah dikupas kulitnya tidaklah sesehat keseluruhan buahnya. Peneliti Kanada baru-baru ini menemukan bahwa 80 persen antioksidan apel ditemukan dalam kulitnya. (Disanalah anda juga akan menemukan serat.) Para ahli juga membandingkan kadar antioksidan total dari delapan jenis apel yang berbeda, dan jenis Red Delicious adalah yang paling tinggi, dengan dua kali potensi polifenol dari yang terkandung dalam jenis Empire, McIntosh dan Mutsu. Bila anda sempat ke luar negeri, belilah sekeranjang sekarang; musim gugur adalah puncak musim apel.

Sumber: Men’s Health

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: