7 Kunci untuk Penurunan Berat Badan

Sekitar 30% dari semua remaja mempunyai kelebihan berat badan dari 7.5 – 15 kg. Berikut adalah 7 kunci untuk menjaga berat badan / penurunan berat badan:

  1. Makanlah makan pagi seperti seorang raja (makan pagi porsi besar dan sehat), makan siang seperti seorang pangeran (porsi sedang) dan makan malam seperti seorang miskin (porsi kecil). Jangan makan diatas pukul 7 malam.
  2. Hindari makanan yang digoreng dan batasi lemak jenuh dan tidak jenuh ganda. Pilihlah lemak sehat – termasuk minyak zaitun, alpukat, dan kacang tanah organik.
  3. Batasi pemasukan kalori. Untuk pria haruslah dibatasi pemasukannya antara 1000 – 2000 kalori per hari. Jika terlalu sedikit kalori, tubuh akan merasa lapar dan akan bertahan pada kalori tersebut. Kondisi ini menyebabkan berat badan akan bertambah.
  4. Tidak makan karbohidrat setelah pukul 3 sore. Jika ingin menurunkan berat badan, karbohidrat seperti roti, nasi, mie, pasta baik untuk dimakan. Tetapi jika memakannya pada malam hari akan membentuk lemak.
  5. Berolah raga. Sebaiknya 4 kali seminggu selama 20 menit atau 3 kali seminggu selama 30 menit. Olah raga terbaik adalah jalan cepat. Jangan terlalu memaksakan diri yang menyebabkan tubuh menjadi terengah-engah, ini dapat menyebabkan kerusakan akibat radikal bebas pada tubuh.
  6. Hindari makanan manis, permen, coklat atau makanan lain yang mengandung jumlah gula berlebihan.
  7. Kombinasikan makanan dengan perbandingan 40% karbohidrat, 30% protein dan 30% lemak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: